Find and Follow Us

Selasa, 21 Januari 2020 | 20:11 WIB

Siswa SMA Tanya Jokowi Soal Hukuman Mati Koruptor

Oleh : Fadhly Zikry | Senin, 9 Desember 2019 | 13:49 WIB
Siswa SMA Tanya Jokowi Soal Hukuman Mati Koruptor
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Jokowi menghadiri acara Pentas #PrestasiTanpaKorupsi di SMKN 57, Jakarta.

Di acara itu, Jokowi ditanya siswa soal hukuman mati untuk koruptor. Seorang siswa bertanya mengapa tidak ada hukuman mati untuk koruptor.

"Kalau korupsi bencana alam, dimungkinkan. Kalau nggak, tidak. Misalnya ada gempa, tsunami, di Aceh, atau di NTB kita ada anggaran untuk penanggulangan bencana, duit itu dikorupsi, bisa (dihukum mati)," jawab Jokowi di SMK 57, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Jokowi mengakui belum ada koruptor yang dihukum mati. Disamping itu Undang-undang yang mengatur hukuman mati untuk koruptor belum ada.

Jokowi menambahkan, pemerintah saat ini juga terus berupaya memberantas korupsi dilingkungan pemerintah.

"Memang pemerintah saat ini proses membuat sistem agar pejabat-pejabat yang ada itu tidak bisa melakukan korupsi agar baik semua agar pagarnya itu bisa menghilangkan korupsi yang ada di negara kita, tapi apa pun semua butuh proses," ujarnya.

"Negara-negara lain juga butuh proses ini bukan barang gampang ditangani, tapi yakinlah kita semua, pemerintah, KPK, terus berupaya mengurangi menghilangkan korupsi di negara kita," tandasnya.

Sementara itu, KPK juga menggelar peringatan hari anti korupsi sedunia, namun Jokowi tidak menghadiri acara tersebut. Kehadiran Jokowi diwakili oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. [ton]

Komentar

x