Find and Follow Us

Rabu, 11 Desember 2019 | 17:20 WIB

Rumah Ditempeli Pra Sejahtera, Penerima PKH Mundur

Selasa, 3 Desember 2019 | 14:01 WIB
Rumah Ditempeli Pra Sejahtera, Penerima PKH Mundur
(Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Jombang - Sedikitnya seribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Jombang mengundurkan diri. Hal itu menyusul adanya program labelisasi atau penempelan stiker di rumah penerima PKH tersebut.

Di Jombang, penempelan stiker dilakukan mulai 10 hingga 30 November 2019. Stiker tersebut memuat tulisan Pra Sejahtera atau Penerima Bantuan Sosial. Kemudian pada bagian bawah terdapat tulisan jenis bantuan yang diterima. Diantaranya, PKH, BPNT, KIS APBN, serta KIP dan beberapa jenis bantuan lainnya.

"Data yang sudah masuk di kantor kami, ada seribu penerima PKH di Jombang yang mengundurkan diri. Sedangkan penempelan stiker dimulai pada 10 hingga 30 November 2019. Penempelan stiker ini sangat efektif untuk validasi," kata Kepala Dinas Sosial Jombang Mochammad Sholeh, Selasa (3/12/2019).

Sholeh menjelaskan, petugas di masing-masing kecamatan berkeliling ke desa-desa untuk menempelkan stiker tersebut. Label itu ditempel di tembok, pintu, atau kaca rumah, yang bisa dilihat oleh masyarakat umum. Selama proses pemasangan label, setiap KPM yang keberatan rumahnya diberi tanda sebagai keluarga pra sejahtera atau penerima bantuan sosial, bisa mengajukan pengunduran diri dari kepesertaan program.

Dari situ akhirnya diketahui ada seribu penerima PKH di Jombang yang membuat surat pernyataan mundur. Sholeh menyebut, jumlah penerima PKH di Kabupaten Jombang sebanyak 86.000 KPM. Mereka tersebar di 306 desa/kelurahan di Kabupaten Jombang.

"Nah, setelah ditempeli stiker, dari jumlah tersebut mundur sebanyak seribu KPM. Perkembangan ini akan segera kita rilis ke media," katanya. [beritajatim]

Komentar

x