Find and Follow Us

Senin, 20 Januari 2020 | 17:48 WIB

Fadli Zon : Bagaimana Percaya Reformasi Birokrasi

Kamis, 28 November 2019 | 07:00 WIB
Fadli Zon : Bagaimana Percaya Reformasi Birokrasi
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan, janji Presiden Joko Widodo untuk memangkas jumlah eselon, dari semula lima menjadi hanya tinggal dua, sebuah agenda yang awalnya terdengar cukup menjanjikan.

Namun, dengan adanya pembengkakan personalia di lingkungan Istana dan kementerian, agenda itu kini akan ditanggapi dingin, bahkan sinis, oleh sebagian besar birokrat kita.

"Bagaimana kita bisa mempercayai pemerintahan ini berkomitmen melakukan reformasi birokrasi, jika agenda pertama yg mereka kerjakan justru menggelembungkan birokrasi di lingkungannya sendiri?," kicau akun Twitter @fadlizon, dikutip Rabu (27/11/2019).

Menurut Fadli, kian gemuknya personalia di lingkungan kepresidenan memang kontradiktif dengan pernyataan-pernyataan pemerintah sendiri. Menteri Keuangan, misalnya, dalam berbagai kesempatan terus menyoroti inefisiensi belanja daerah.

"Menurut dia sekitar 36 persen APBD habis dipakai untuk gaji pegawai dan belanja operasional daerah. Kritik itu saya kira kini harus diarahkan ke Istana," tulis Fadli. [wll]

Komentar

x