Find and Follow Us

Sabtu, 18 Januari 2020 | 20:26 WIB

Uraian KPK Soal Bakal SP3 4 Kasus

Kamis, 28 November 2019 | 02:00 WIB
Uraian KPK Soal Bakal SP3 4 Kasus
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - KPK berencana menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) terhadap empat kasus. Hal ini dikarenakan tersangka terkait kasus tersebut meninggal disaat tengah proses penyidikan. Hal ini dungkapkan oleh, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah. Namun ia belum merinci kasus apa saja yang bakal di SP3.

"Saya sebutkan kasusnya saja mungkin. Yang pertama dulu ada salah satu tersangka di kasus travel cek, kemudian ada kasus suap Lapas Sukamiskin, ada satu lagi pengembangan dalam kasus alat kesehatan dan satu lagi ada kasus di daerah," ujar Febry, Rabu (27/11/2019).

Adapun SP3 ini sesuai dengan peraturan undang-undang yang tertera dalam KUHAP. Dimana, alasannya pertama tidak cukup bukti, kedua bukan tindak pidana dan yang ketiga dihentikan demi hukum dan salah satu yang diartikan demi hukum itu kriterianya adalah kalau tersangkanya meninggal dunia.

Dia menambahkan, proses penuntutan pun dapat digelar bila tersangka telah meninggal dunia.

"Khusus untuk pelaku-pelaku yang sudah meninggal dunia dalam posisi sebagai tersangka, karena ada klausul di KUHP pasal 77 seingat saya, penuntutan tidak bisa dilakukan lagi terhadap orang yang sudah meninggal dunia," tutupnya. [wll]

Komentar

x