Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 06:25 WIB

Pengadaan Alutsista

Jokowi ke Prabowo: Stop Proyek, Kurangi Impor

Sabtu, 23 November 2019 | 01:30 WIB
Jokowi ke Prabowo: Stop Proyek, Kurangi Impor
Presiden Jokowi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Jokowi memberikam sejumlah arahan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terkait pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista). Arahan itu diberikan dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jumat (22/11).

"Jangan sampai pengadaan alutsista kita lakukan dengan teknologi yang sudah usang, yang sudah ketinggalan, dan tidak sesuai dengan corak peperangan di masa yang akan datang," kata Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).

Kemudia, Jokowi juga meminta agar pengadaan alutsista tidak bergantung pada impor. Salah satu caranya dengan meningkatkan industri pertahanan dalam negeri.

"Sehingga kita bisa mengurangi ketergantungan terhadap impor alutsista dari luar negeri," ujar Jokowi

Selain teknologi terbaru dan peningkatan industri dalam negeri, Prabowo juga diminta meningkatkam kualitas SDM. Jokowi juga mengingatkan agar pengadaan alutsista tidak berorientasi untuk keuntungan tertentu.

"Kita harus memastikan SDM industri pertahanan kita betul-betul diperkuat, dan jangan lagi orientasinya adalah penyerapan anggaran, mampu membelanjakan anggaran sebanyak banyaknya, apalagi orientasinya sekedar proyek. Sudah stop yang seperti itu. Tapi orientasinya betul-betul strategic partnership, untuk peningkatan kemandirian dan daya saing bangsa sehingga kita memiliki kemampuan memproduksi alutsista yang tadi dikerjasamakan," tandas Jokowi. [fad]

Komentar

x