Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 06:33 WIB

Di Jatim, Lapas Kapasitas 12 Ribu Diiisi 29 Ribu

Oleh : Happy CH Karundeng | Minggu, 17 November 2019 | 06:03 WIB
Di Jatim, Lapas Kapasitas 12 Ribu Diiisi 29 Ribu
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Mojokerto - Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur, Pargiyono menyatakan seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Jawa Timur dalam kondisi overload.

"Semua lapas atau rutan di Jawa Timur overload, tidak hanya di Mojokerto. Di Jawa Timur kapasitas lapas dan rutan sebanyak 12 ribu namun hari ini terisi 29 ribu, hampir tiga kali," katanya saat berkunjung ke Lapas Klas IIB Mojokerto, Sabtu (16/11/2019)

IA menjelaskan, di Lapas Klass IIB Mojokerto misalnya. Ruang yang seharusnya dipersiapkan hanya untuk 220 orang, kini diisi 800 orang warga binaan Lapas.

"Di Mojokerto, Lapas Klas IIB Mojokerto ini kapasitas sebenarnya 220 penghuni, tapi hari ini hampir 800 penghuni," pungkasnya.

iberitakan sebelumnya, Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur, Pargiyono mengatakan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Mojokerto kelebihan kapasitas. Namun diakui kondisi ini terjadi di seluruh Lapas dan Rutan di Jawa Timur.

"Di dalam overload itu, kita harus siap lagi untuk menghadapi segala problem yang timbul. Karena ketika sebuah lapas atau rutan tersebut overload, maka layanan apapun tidak akan maksimal," katanya saat berkunjung ke Lapas Klas IIB Mojokerto, Sabtu (16/11/2019). [beritajatim]

Komentar

x