Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 06:27 WIB

Jokowi Pernah Lapor Kasus Korupsi, KPK: Kasus Apa?

Oleh : Ivan Setyadhi | Selasa, 12 November 2019 | 22:18 WIB
Jokowi Pernah Lapor Kasus Korupsi, KPK: Kasus Apa?
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif - (inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengaku tak tahu ada laporan dugaan korupsi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan menanggapi ucapan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Presiden Jokowi pernah bercerita soal kasus korupsi besar yang dilaporkan ke KPK namun tak kunjung diungkap Lembaga Antikorupsi.

"Dari apa yang disampaikan Menko Polhukam di salah satu acara yang terbuka untuk umum kemarin kita belum mengetahui kasus apa yang dimaksud," kata Syarif saat dikonfirmasi, Selasa (12/11/2019).

Untuk itu, KPK mempersilakan Mahfud untuk datang jika ingin mengetahui perkembangan penanganan perkara yang dilaporkan Jokowi. Hal ini lantaran KPK tidak bisa membuka informasi pelaporan termasuk pihak yang menjadi pelapor.

"Karena data-data pelaporan, termasuk informasi siapa pelapor menurut perundang-undangan harus dirahasiakan," katanya.

Meski demikian, Syarif mengakui terdapat dua kasus yang menjadi perhatian Jokowi. KPK telah menetapkan sejumlah pihak sebagai tersangka terkait kedua kasus tersebut.

"Meskipun butuh waktu karena kompleksitas perkara dan perolehan buktinya," katanya.

Kedua kasus itu, yakni kasus dugaan korupsi pengadaan helikopter AugustaWestland (AW)-101 di TNI AU dan kasus dugaan suap terkait perdagangan minyak mentah dan produk kilang di Pertamina Energy Services Pte. Ltd (PES) selaku subsidiary company PT. Pertamina (Persero) atau mafia migas. [adc]

Komentar

x