Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 04:51 WIB

Dualisme Sikap Paloh Temui Petinggi PKS

Jumat, 1 November 2019 | 06:00 WIB
Dualisme Sikap Paloh Temui Petinggi PKS
Ketum Partai Nasdem Surya Paloh menemui Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Langkah Ketum Partai Nasdem Surya Paloh menemui Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman dapat dipandang sebagai pertemuan biasa antar pemimpin Parpol.

Namun, kata Direktur Indopolling Network, Wempy Hadir, pertemuan tersebut juga bisa dinilai dalam dua hal. Pertama, soal langkah politik jangka pendek dalam arti menghadapi Pilkada serentak tahun 2020.

"Dalam politik jangka pendek, tahun 2020 dilaksanakan pilkada serentak di 171 wilayah. Dengan demikian bisa saja kedua partai sepakat untuk saling bekerja sama untuk mendukung calon yang diusung oleh kedua parpol tersebut," kata Wempy, kepada INILAHCOM, Kamis (31/10/2019).

Kedua, lanjut Wempy, pertemuan dalam politik jangka panjang, bisa saja ini ibarat pra penjajakan menuju pilpres 2024.

"Jadi pertemuan Surya Paloh sebagai ketua umum Nasdem dengan Sohibul Imam sebagai Presiden PKS bisa dibaca sebagai pertemuan politis yang membahas kemungkinan kerjasama kedua partai tersebut baik yang bersifat jangka pendek, maupun jangka panjang," tuturnya.

Diketahui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman, melakukan pertemuan pada Rabu (30/10/2019). Dalam kesempatan itu, Paloh menyatakan tak menutup kemungkinan Partai NasDem bakal berbeda sikap dengan pemerintah.
Saat ini NasDem masih berada di barisan pemerintah, sementara PKS mengambil sikap oposisi. [wll]

Komentar

x