Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 06:48 WIB

Angela Tanoesoedibjo Jadi Wamenparekraf

Siap Kerja Cepat, Kreatif, Efisien dan High Impact

Jumat, 25 Oktober 2019 | 16:38 WIB
Siap Kerja Cepat, Kreatif, Efisien dan High Impact
Presiden Joko Widodo dan Angela Tanoesoedibjo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Angela Tanoesoedibjo dipercaya Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf). Dia menjadi anggota kabinet termuda di Kabinet Indonesia Maju.

"Hari ini, Bapak Jokowi memberi saya kepercayaan untuk bisa membantu di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Angela.

Hal itu disampaikan Angela yang merupakan Wasekjen Partai Perindo itu sesaat setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Meski baru berusia 32 tahun dan menjadi anggota kabinet termuda, Angela memastikan dirinya berkompeten mengisi jabatan tersebut. Salah satunya dari latar belakang pendidikan dan pengalaman yang mendukung.

"Saya mempunyai background manajemen di bidang media dan berbagai bidang lainnya, seperti ritel dan finance. Semoga ini bisa membantu saya untuk bisa bekerja secara kreatif, cepat, efisien dan mempunyai _high impact,"_ tutur Angela.

Perempuan kelahiran Ottawa, Kanada, 23 April 1987 itu mengungkapkan pesan yang disampaikan Jokowi pagi itu. Dirinya diminta fokus membangun 10 destinasi wisata baru untuk menarik wisatawan terutama wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Tentunya akan banyak berdiskusi dengan [Menparekraf] Pak Wishnutama. Kami akan melanjutkan arahan dari Pak Jokowi untuk membangun 10 destinasi wisata dan 5 yang akan menjadi prioritas utama kami," kata Angela.

Menurutnya, ekosistem yang memadai menjadi salah satu kunci membangun pariwisata di Tanah Air, termasuk pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana pendukung.

"Satu tahun ke depan ini kita fokus ke lima destinasi yag sudah diarahkan Jokowi untuk dibangun dengan berbagai event. Tentunya kita juga harus membangun infrastrukturnya, ekosistemnya, sehingga memadai," kata Angela.

Terkait tugas negara yang akan diembannya, putri sulung pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo itu mengaku siap menanggalkan jabatannya di berbagai perusahaan di MNC Group.

"Tentunya dengan aturan yang berlaku, saya pastinya harus mundur dari segala posisi di bisnis usaha MNC Group," tegas Angela yang sudah dikaruniai dua anak dari pernikahannya dengan Michael Dharmajaya.

Angela meraih gelar Bachelor of Arts, Media Arts & Production dari University of Technology Sydney dan Master of Commerce, Finance dari University of New South Wales, Australia.

Dia menorehkan segudang prestasi, baik dalam dunia bisnis maupun politik. Bernaung di bawah panji Partai Perindo, Angela dipercaya menjabat sebagai wasekjen. Dia calon anggota legislatif (caleg) dari Dapil Jawa Timur I yang meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo di Pemilihan Legislatif 2019.

Meskipun menjadi wajah baru dalam pencalonan Pileg 2019, Angela berhasil mendapatkan kepercayaan masyarakat dan meraup salah satu suara terbanyak, yaitu 30.707 suara.

Selain dunia politik, pengalaman kepemimpinan dan kematangannya di dunia usaha tidak perlu diragukan lagi.

Pada 2008, 2 tahun sebelum Angela lulus kuliah, dia menjadi salah satu pencetus dan menjadi Editor in Chief dari HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine.

Angela juga pernah menjabat sebagai Corporate Finance & Business Development Associate PT Media Nusantara Citra Tbk pada 2010-2013. Pada 2013-2014, Angela menjadi Co-Head Vice President MNC Channels. Tak cukup sampai di situ, Angela menjabat Managing Director Global TV pada pertengahan 2014.

Strategi yang digunakannya adalah dengan remaking program Bedah Rumah, Uang Kaget dan mereposisi Global TV menjadi GTV yang merupakan televisi keluarga Indonesia.

Sejak 30 September 2016, Angela diangkat menjadi komisaris PT MNC Investama Tbk berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan. Pada Maret 2018, Angela diangkat menjadi Managing Director RCTI dan Managing Director GTV.

Selain itu, Angela juga memegang tampuk kepemimpinan sebagai Direktur PT Media Nusantara Citra Tbk, perusahaan media terbesar di Asia Tenggara.

Meskipun sang ayah adalah seorang pengusaha besar di Tanah Air, tapi Angela mampu membuktikan dirinya menjadi wanita yang mandiri secara finansial buah hasil kerja kerasnya.

Komentar

x