Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 10:53 WIB

Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju

Mendagri Tito Cium Tangan Surya Paloh

Rabu, 23 Oktober 2019 | 14:31 WIB
Mendagri Tito Cium Tangan Surya Paloh
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Jokowi akhirnya melantik 38 orang menteri dan pejabat setingkat menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu (23/10/2019).

Pelantikan 38 pembantu presiden ini pun dihadiri oleh para tamu undangan, mulai dari pimpinan DPR/MPR hingga para ketum parpol. Dari jajaran pimpinan parpol tampak Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum NasDem Surya Paloh, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum PKB yang juga Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR yang juga Waketum Demokrat Syarief Hasan, Waketum Gerindra Fadli Zon, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Proses saling bersalaman jadi sesi yang tidak terlupakan. Banyak momen kebahgaiaan terpancar dari wajah para menteri baru. Tak jarang gerak menteri baru pun disorot kamera.

Salah satu momen yang menarik ketika Mendagri Tito Karnavian bersalaman dengan Surya Paloh. Tito tampak membungkuk kemudian mencium tangan Paloh terlebih dahulu sebelum bersalaman. Paloh juga memeluk Tito usai bersalaman.

Jokowi memilih Tito sebagai Mendagri untuk menggantikan Tjahjo Kumolo. Tito sendiri sudah diberhentikan oleh Jokowi sebagai Kapolri. Surat pemberhentian Tito sudah dikirim ke DPR dan DPR menyetujui pemberhentian Tito.

Saat memperkenalkan Tito sebagai Mendagri, Jokowi memberikan beberapa tugas khusus. Ia meminta Tito membangun sinergi dengan pemda yang ada di seluruh Indonesia.

"Bersinergi dengan Pemda, di bawah kewenangan beliau termasuk kepastian hukum di daerah," ujar Jokowi di Istana Merdeka.

Sesuai janji Presiden Joko Widodo menepati janjinya untuk menunjuk menteri dari kalangan profesional lebih banyak daripada tokoh berlatar belakang politik. Dari 38 menteri Jokowi mempercayakan 19 kursi untuk kalangan profesional dan 17 untuk tokoh dari partai politik. [hpy]

Komentar

x