Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 10:52 WIB

335 Hektare Hutan di Argopuro dan Ijen Terbakar

Rabu, 23 Oktober 2019 | 12:36 WIB
335 Hektare Hutan di Argopuro dan Ijen Terbakar
(Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Jember - Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Kabupaten Jember, Jawa Timur, memperkirakan kerusakan hutan akibat kebakaran di lereng Gunung Argopuro dan Gunung Ijen mencapai 335 hektare.

"Sementara ini kalau yang di Argopuro kurang lebih ada 35 hektare. Kalau di Kawah Ijen sampai dengan kemarin ada sekitar 300-an hektare," kata Kepala Bidang KSDA Wilayah III Setyo Utomo, Selasa (22/10/2019).

"Di sana hangus semua. Tumbuhan di bagian bawah juga habis. Saat kebakaran di Ijen anginnya memang besar sekali. Bisa dibayangkan, pohon-pohon saja tumbang. Apalagi api yang dibawa (terkena tiup). Sekeliling Paltuding hangus semua itu," kata Setyo.

Namun pihaknya tetap berupaya akses jalan bisa tetap dilewati. Sementara lokasi kebakaran hutan di Argopuro terjadi di Blok Cemara Panjang, timur, dan barat. Setyo mengatakan penyebab kebakaran masih diselidiki. "Kami belum bisa mengatakan ini dibakar atau tidak," katanya.

BKSDA tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk berusaha memadamkan api. "Lokasinya sangat sulit," kata Setyo.

Pemadaman dengan cara penyiraman air dengan bantuan helikopter harus menggunakan surat keputusan bupati untuk menetapkan status tanggap darurat.

"Kami di Banyuwangi sempat rapat sore dipimpin langsung Pak Dandim untuk bagaimana supaya helikopter yang membawa air bisa turun," kata Setyo. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x