Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 18:39 WIB

Anggota DPR Masuk Kabinet akan Di-PAW

Rabu, 23 Oktober 2019 | 11:07 WIB
Anggota DPR Masuk Kabinet akan Di-PAW
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan sejumlah anggota DPR yang masuk di kabinet Indonesia Maju, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, akan mengundurkan diri dari DPR dan digantikan lewat mekanisme penggantian antarwaktu (PAW).

"Yang bersangkutan akan mengundurkan diri dari DPR lalu kemudian diserahkan kepada partai asal anggota DPR untuk melakukan penggantian," katanya, Rabu (23/10/2019).

Penunjukan para pengganti itu akan dilakukan partai asal masing-masing anggota DPR yang menjadi menteri. Anggota DPR baru yang ditunjuk akan diambil sumpahnya di rapat paripurna DPR.

"Ditunjuk partai masing-masing, lalu baru diparipurnakan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan penunjukan anggota DPR lewat PAW adalah mekanisme internal partai masing-masing. Ia menegaskan jika telah dilantik menjadi menteri, mereka tidak bisa lagi menjadi anggota DPR.

"Itu mekanisme internal partai untuk melakukan PAW untuk menentukan penggantian. Namun yang perlu diperhatikan setelah yang bersangkutan dilantik, otomatis yang bersangkutan tidak bisa menjadi anggota DPR lagi," ujar Puan.

Diketahui beberapa nama menteri Kabinet Indonesia Maju, adalah anggota DPR yang sebelumnya telah dilantik pada Selasa (1/10). Mereka adalah Yasonna Laoly yang menjadi Menkum HAM dan Juliari Batubara yang menjadi Mensos dari F-PDIP, Zainudin Amali yang menjadi Menpora dari F-Golkar.

Nama lain ada Edhy Prabowo dari F-Gerindra yang menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Johnny G Plate dari F-NasDem yang menjadi Menkominfo. [hpy]

Komentar

x