Find and Follow Us

Jumat, 22 November 2019 | 10:44 WIB

Bursa Calon Menteri, Ada yang Pernah Diperiksa KPK

Oleh : Ivan Setyadhi | Rabu, 23 Oktober 2019 | 06:15 WIB
Bursa Calon Menteri, Ada yang Pernah Diperiksa KPK
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut memantau pemilihan sejumlah nama menjadi calon menteri kabinet kerja jilid II.

Meski tak dilibatkan, KPK mengingatkan bahwa sejumlah nama yang dipanggil Jokowi, pernah diperiksa penyidik antirasuah.

Salah satunya Politisi Golkar Zainudin Amali. Zainudin pernah diperiksa oleh penyidik terkait perkara suap di Kementerian ESDM yang menjerat Menteri ESDM Jero Wacik. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sekjen ESDM Waryono Karno.

"Ada beberapa kasus yang berjalan saat itu, seperti suap terhadap Ketua MK, gratifikasi Sekjen ESDM sebagai pengembangan OTT terhadap Kepala SKK Migas," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (22/10/2019).

Tak hanya disitu, ternyata Zainudin Amali juga pernah disebut-sebut dalam kasus dugaan suap sengketa Pilkada yang menjerat Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar. Zainudin dan Akil disebut pernah melakukan komunikasi pada 1-2 Oktober 2013 melalui BlackBerry Messeger (BBM) untuk membicarakan sengketa Pilkada Jawa Timur.

"Bahkan ada yang pernah masuk di komunikasi tersangka yang diperdengarkan di persidangan. Namun mereka memang baru diperiksa sebagai saksi sejauh ini," kata Febri.

KPK juga pernah melakukan penggeledahan di kediaman dan kantor Zainudin saat menjabat Wakil Ketua Komisi VII (energi, riset dan teknologi, dan lingkungan hidup). Namun, hal itu dibantah Zainudin yang mengatakan bahwa dirinya tidak menerima aliran duit dari Sekjen ESDM.

Meski begitu, KPK kata Febri tak bisa mencampuri presiden dalam memilih menterinya. Ia hanya membenarkan bahwa ada beberapa pihak yang dipanggil Jokowi ke Istana itu pernah digarap KPK.

"Terkait dengan proses pemilihan menteri, mungkin sebaiknya KPK tidak menanggapi terlebih dahulu. Namun memang ada beberapa nama yang kita tahu terkait dengan beberapa kasus korupsi yang pernah ditangani KPK," pungkasnya.[Ivs].

Komentar

x