Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 07:24 WIB

PKS Nilai Jokowi Tak Peka

Oleh : Willie Nafie | Selasa, 22 Oktober 2019 | 16:38 WIB
PKS Nilai Jokowi Tak Peka
Ahmad Fathul Bari, politisi muda PKS - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menyayangkan Presiden Jokowi tak menyinggung mengenai sejumlah persoalan penting dalam pidato perdanannya di periode ke-2.

Menurut Ahmad Fathul Bari, politisi muda PKS, yang tak disinggung Jokowi seperti persoalan korupsi, HAM, demokrasi, dan lingkungan hidup.

"Pidato pertama Presiden Jokowi setelah dilantik menjadi tanda tanya, karena sama sekali tidak menyinggung isu utama yang sedang dibicarakan publik, yakni tentang pemberantasan korupsi, HAM & Demokrasi, serta isu lingkungan," kata Bari, Selasa (22/10/2019).

Menurut Bari, Jokowi tak memiliki komitmen dalam memberantas persoalan tersebut lima tahun kedepan. Padahal tentang pemberantasan korupsi, HAM, Demokrasi, serta isu lingkungan menjadi persoalan serius saat ini.

"Komitmen itu tidak tampak pada pidato pertamanya setelah dilantik. Padahal, dalam 5 tahun pemerintahannya isu-isu dirasakan oleh publik mengalami penurunan. Sejumlah kasus masih menjadi misteri," ucapnya.

Walaupun tidak semua hal harus disampaikan dalam pidato inagurasinya, tapi setidaknya, sebagai petahana yang ketika sebelum dilantik untuk kedua kalinya harus mengangkat segala pelik persoalan
terkini.

Seperti jatuhnya korban jiwa dalam aksi demonstrasi serta korban jiwa di Wamena, kebakaran hutan, dan masih banyak lagi, tentu jika Jokowi peka terhadap suara dan harapan publik, maka sudah sepatutnya hal itu disinggung. Tapi ternyata hal itu tidak dilakukan.

"Semoga harapan perubahan masyarakat di periode kedua beliau ini tidak semakin tertutup dengan kesan yang beliau tunjukkan dalam pidato inagurasinya yang mengabaikan suara publik yang saat ini sedang lantang berteriak agar pimpinan tertinggi negeri ini mendengar dan menghadirkan solusi atas masalah yang ada," pungkasnya. [adc]

Komentar

x