Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 05:47 WIB

Pidato Jokowi tak Singgung Isu Korupsi

KPK: Indonesia 2045 Sulit

Oleh : Fadli Zikri | Senin, 21 Oktober 2019 | 11:07 WIB
KPK: Indonesia 2045 Sulit
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan jika pemberantasan korupsi tidak menjadi prioritas pemerintah, maka mimpi Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045. Hal itu disampaikannya menanggapi pidato Presiden Jokowi usai dilantik di gedung MPR, Jakarta, Minggu kemarin.

"Di pidato ada disinggung mimpi NKRI tahun 2045, jadi secara implisit pasti termasuk didalamnya pemberantasan korupsi sebab mimpi anda tahun 2045 akan sulit tercapai kalau perilaku korupsi masih terus berlanjut," kata Saut, Minggu (20/10/2019) malam.

Menurutnya, harus ada komitmen bersama dalam melakukan pemberantasan korupsi.

"Jadi praktik pemberantasan korupsi ikut di dalamnya kalau tidak ya mimpi 2045 bisa geser ke 2500, misalnya. Jadi kita semua harus sepakat dulu dalam pidato termasuk di dalamnya penegakan hukum-hukum dan lembaga anti korupsi yang credible," ujarnya.

Sebelumnya dalam pidato pertama usai dilantik, Jokowi menyampaikan sejumlah program pemerintahannya kedepan, yaitu, pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi. Selain isu korupsi, pidato Jokowi juga mendapat kritik mengenai isu HAM dan lingkungan hidup. [rok]

Komentar

x