Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 05:49 WIB

Kebakaran Gunung Ranti Berawal dari Bondowoso

Minggu, 20 Oktober 2019 | 10:00 WIB
Kebakaran Gunung Ranti Berawal dari Bondowoso
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Banyuwangi - Badan penanggulangan bencana Daerah Kabupaten Banyuwangi menyebut kebakaran di Gunung Ranti diduga disebabkan oleh pembakaran lahan yang dilakukan oleh juga oleh warga Kabupaten Bondowoso. BPBD memperkirakan kebakaran mencapai 10 hektar lebih.

"Kami mengonfirmasi bahwasanya kebakaran itu terjadi akibat pembakaran lahan dari pembukaan atau pembukaan lahan yang dilakukan di wilayah Bondowoso," kata Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharram, Minggu (20/10/2019).

kebakaran itu, kata Eka Muharram, semakin meluas karena terpaan angin yang begitu kencang. Jumlah wisatawan yang akan mendaki ke Gunung Ijen sempat tertahan di kawasan gantasan Desa Tamansari, Kecamatan licin.

"Kita mulai tadi malam sudah menerjunkan personel tim reaksi cepat untuk meminimalisir terjadinya kebakaran yang semakin meluas. kemudian disusul oleh petugas ranger yang membawa berbagai perlengkapan termasuk alat pemadam kebakaran," terangnya.

Gunung Ranti di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso terlihat terbakar sekitar pukul 16.30 WIB. Api membumbung tinggi dan membakar hampir seluruh bagian gunung di sebelah Kawah Ijen ini.

"Kebakaran gunung Ranti memang setiap tahun terjadi hampir dipastikan demikian. karena memang sering terjadi pembakaran lahan sehingga tumbuhan ilalang, rumput dan selasah di situ sering terbakar. Namun ini hanya sementara dan biasanya kebakaran akan cepat selesai atau padam," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

x