Find and Follow Us

Rabu, 13 November 2019 | 17:58 WIB

PKS Tegaskan Konsisten Oposisi

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 15:00 WIB
PKS Tegaskan Konsisten Oposisi
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menegaskan bahwa pihaknya akan konsisten menjadi oposisi. PKS mengaku bangga menjadi penyeimbang pemerintah Seperti tahun 2014 yang juga disampaikan oleh Presiden PKS Sohibul Iman.

"Pak Sohibul pernah menyampaikan seusai pelantikan dulu. Pak (Jokowi), kami izin di luar pemerintahan, komunikasi dan silaturahim tetap dibangun karena kita sesama anak bangsa. Kebijakan Pak Jokowi yang sesuai kita akan dukung, tapi yang tidak sesuai aspirasi rakyat kita akan kritik. Dan Pak Jokowi waktu itu mengapresiasi. Kami insya Allah konsisten di oposisi," kata Mardani dalam diskusi dikawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019).

Meski sistem pemerintahan Indonesia tidak mengenal istilah oposisi, namun setiap pemerintahan lanjutnya memerlukan check and balances.

"Beberapa memang mengatakan dalam sistem presidensial kita tidak ada kata oposisi mutlak. Tetapi esensi demokrasi itu check and balance system. Itu sesuatu yang niscaya," ujarnya.

PKS pun tetap berharap tidak sendiri menjadi oposisi. Pihaknya masih mengharapkan partai-partai pendukung Prabowo-Sandi dalam Pilpres lalu ikut menjadi oposisi pemerintah. Namun begitu, tiga partai pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres lalu hampir dipastikan akan bergabung dengan pemerintah yaitu Gerindra, Demokrat dan PAN. Bahkan Prabowo Subianto sendiri disebut-sebut akan menjadi Menteri Pertahanan dalam kabinet Jokowi-Maruf. [fad]

Komentar

x