Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 07:21 WIB

OTT di Kaltim

Kepala Balai Pelaksana Jalan Wilayah XII Diamankan

Oleh : Ivan Setyadi | Rabu, 16 Oktober 2019 | 05:30 WIB
Kepala Balai Pelaksana Jalan Wilayah XII Diamankan
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Kepala Balai Pelaksana Jalan Wilayah XII dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kalimantan Timur dan Jakarta.

"Tim yang berbeda lakukan kegiatan tangkap tangan di Kalimantan Timur, lokasi yang dilakukan di Samarinda, di Bontang dan ada juga di Jakarta," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/10/2019) malam.

Febri mengatakan, total pada operasi ini pihaknya telah mengamankan delapan orang, dimana tujuh orang di antaranya sedang diperiksa intensif di Polda Kaltim. Sementara sisanya diperiksa di gedung KPK Jakarta.

"Unsurnya kepala balai pelaksana jalan wilayah XII dan ada PPK juga di balai tersebut serta beberapa orang pihak swasta dan staf dari balai tersebut," kata Febri.

Operasi dilakukan lantaran KPK mendapatka laporan serta bukti adanya penyerahan sejumlah uang melalui modus memberikan kartu ATM.

"Jadi pemberi mentransferkan uang secara periodik pada rekening miliknya dan kemudian ATM-nya diberikan kepada pihak penerima. Nah uang di atm itulah yang diduga digunakan pihak penerima," kata Febri.

Total KPK menduga telah terjadi penyerahan uang sebesar Rp1,5 miliar."Penerimaan ini diduga terkait paket pekerjaan jalan multiyears senilai 155 miliar di sana. Jadi bagian dari proyek kementerian PUPR ya. Itu informasi awal yang bisa kami sampaikan," kata dia.

Para pihak tersebut akan dibawa ke gedung Merah Putih Jakarta besok, Rabu (15/10/2019)."Penerbangan pagi segera dibawa pihak pihak yang perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke kantor KPK," kata dia.

Komentar

x