Find and Follow Us

Rabu, 16 Oktober 2019 | 03:10 WIB

Novel Tegaskan Anies Tak Ada Masalah di KPK

Kamis, 10 Oktober 2019 | 02:05 WIB
Novel Tegaskan Anies Tak Ada Masalah di KPK
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan menegaskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak sedang berperkara di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penegasan itu disampaikan Novel menampik isu konflik kepentingan menyoal pertemuan antara dirinya dengan Anies yang ramai diberitakan.

"Kalau dengan Pak Anies, Pak Anies tidak ada masalah di KPK, tidak pernah ada penyelidikan terkait dengan hal yang berhubungan dengan Pak Anies," ujar Novel di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Terkait pelaporan Anies ke KPK, Novel memandang hal itu sesuatu yang biasa karena siapa saja bisa melapor. Pihak yang dilaporkan pun bisa siapa saja. Termasuk orang yang kini menjadi presiden.

"Soal orang dilaporkan saya kira banyak yang dilaporkan, kita enggak perlu sebut satu-satu. Jangankan pejabat-pejabat, Pak Jokowi pun dilaporkan ke KPK kasus Transjakarta. Tapi kan konteksnya KPK tidak melihat itu sebagai perkara, belum ditentukan sebagai masalah," kata dia.

Setiap laporan masuk ke Direktorat Pengawas Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) untuk diproses dan diidentifikasi. Sementara saat ini, Novel bertugas di bagian Deputi Penindakan.

"Di KPK ada tahapan. Kalau pelaporan itu di bawah kedeputian PIPM, saya di Deputi Penindakan Direktorat Penyidikan. Dan apabila nanti kalau ada dugaan perkara tindak pidana korupsi dengan kualifikasi sesuai dengan kewenangan KPK, kemudian dilakukan penyelidikan, dan kemudian proses itu seterusnya," lanjutnya.

Pertemuan dengan Anies sendiri diungkapkan Novel terjadi pada tahun 2017 di Singapura. Pertemuan terjadi saat dirinya tengah menjalani perawatan usai disiram air keras.

Komentar

x