Find and Follow Us

Minggu, 8 Desember 2019 | 03:39 WIB

Soal Pernyataan Gatot Nurmantyo

Polri: Kami dan TNI Sama-sama Jaga NKRI

Oleh : M Yusuf Agam | Senin, 7 Oktober 2019 | 20:36 WIB
Polri: Kami dan TNI Sama-sama Jaga NKRI
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menyebut bahwa Polri merupakan tangan kanan Presiden. Polri mengatakan bahwa institusinya dan TNI bersama-sama untuk menjaga NKRI.

"Setiap orang punya persepsi dan pendapat. Yang jelas, TNI dan Polri punya tugas memberikan keamanan dalam negeri," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra, Senin (7/10/2019).

Asep enggan berkomentar lebih jauh. Polri dan TNI, ditegaskannya akan terus bersinergi untuk menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat.

"Yang penting adalah kami terus memelihara sinergitas untuk mewujudkan keamanan bagi masyarakat dan negara," ucap Asep.

Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sebelumnya bicara mengenai TNI dan Polri sebagai 'tangan kiri dan kanan' presiden. Status TNI dan Polri berubah sesuai dengan keadaan. Dia berpesan jangan sampai TNI dan Polri dibenturkan.

"Jadi Polri adalah tangan kanan presiden dalam kondisi tertib sipil, TNI tangan kirinya presiden. Tapi dalam kondisi darurat militer, terbalik, TNI tangan kanan, dan Polri tangan kiri presiden," kata Gatot di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019). [adc]

Komentar

x