Find and Follow Us

Rabu, 16 Oktober 2019 | 03:01 WIB

Bareskrim Tangkap Penyebar Video Hoax Yel-yel TNI

Sabtu, 5 Oktober 2019 | 01:35 WIB
Bareskrim Tangkap Penyebar Video Hoax Yel-yel TNI
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap penyebar video hoax yel-yel TNI. Yel-yel iru diedit dengan narasi suporter bola yang seolah-olah melakukan penghinaan.

Kasubdit ll Dittipid Siber Bareskrim Polri, Kombes Rickynaldo mengatakan dalam video aslinya memang pasukan TNI tersebut tengah melakukan yel-yel, namun oleh pelaku diganti menjadi nyanyian suporter bola dalam sebuah stadion. Hal tersebut, kata Ricky, diketahui setelah pihaknya melakukan olah digital forensik.

"Hasil editing video tersebut, oleh pelaku kemudian diposting di akun Facebook miliknya dengan caption 'Saya tau yang dimaksud bapak TNI ini macannya jadi kucing... Meong...meong..meong..'," jelas Kombes Rickynaldo, Jumat (4/10/2019).

Dari hasil mapping dan patroli siber Bareskrim, juga diketahui ada beberapa akun Facebook yang turut menyebar video tersebut. Antara lain, akun FB Marrio Marrianto Rossoneri, dengan caption postinganya, 'terimaksih mahasiswa pergerakanmu bisa membuat perubahan #macanedadikucing vidio hanya hiburan'.

Lalu ada akun FB Rohman Abd dengan caption postingan 'CURHATAN TNI (AD, AL, AU) SEJATINYA SAMA. DIREZIM JOKOWI SAJA TNI DI KEBIRI, ERA SOEKARNO(Jdr. Sudirman), Soeharto, BJ. HABIBIE, GUSDUR, SBY TNI MASIH PUNYA TARING, GILIRAN REZIM INI HARIMAUNYA ASIA BERUBAH MENJADI KUCING'.

Adapun motif pelaku menyebarkan video tersebut, kata Ricky, karena terbawa suasana dan juga bertujuan untuk memecah belah TNI dan Polri.

Terhadap pelaku, bakal dijerat dengan pasal 27 ayat 3 dan atau Pasal 35 UU 19/2016 tentang perubahan atas UU 11/2008 tentang ITE atau pasal 14 ayat 1 UU 1/1946 dengan ancaman pidana sembilan tahun penjara. [gam]

Komentar

x