Find and Follow Us

Senin, 9 Desember 2019 | 16:06 WIB

ULMWP & KNPB Manfaatkan Mahasiswa Papua Buat Rusuh

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Selasa, 24 September 2019 | 12:15 WIB
ULMWP & KNPB Manfaatkan Mahasiswa Papua Buat Rusuh
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Polri menyatakan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) berada di balik kerusuhan di Jayapura. Aliansi mahasiswa eksodus dari Mahasiswa Papua (AMP) disebut dimanfaatkan KNPB dan ULMWP untuk menyerang aparat TNI-Polri di Expo Waena, Jayapura, Papua.

"Dugaan dalang kerusuhan di Jayapura itu lebih kompleks. Untuk di Jayapura, ada ULMWP yang berkomunikasi dengan KNPB. Nah KNPB memanfaatkan AMP. AMP ini AMP yang eksodus, yang melakukan tindakan serang kepada aparat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Brigjen Dedi bilang sebanyak 733 mahasiswa eksodus saat ini menjalani pemeriksaan di Polda Papua. Mereka diduga turut melakukan tindakan anarkistis, seperti penyerangan, pembakaran, dan perusakan.

"Semuanya dalam proses pemeriksaan. Ada 733 orang, semua mahasiswa eksodus yang diperiksa, yang terlibat langsung dalam kerusuhan," terang Brigjen Dedi.

Jenderal bintang satu ini menuturkan kelompok yang menjual isu kemerdekaan Papua ingin mencuri perhatian para peserta Sidang Umum PBB ke-74. ULMWP dan KNPB hendak memanfaatkan momentum tersebut.

"Kaitannya dengan situasi terkini di Papua, diduga kelompok-kelompok yang mendalangi kerusuhan di Papua memanfaatkan momen untuk mencari perhatian karena sedang ada Sidang Umum PBB," terang Brigjen Dedi. [adc]

Komentar

x