Find and Follow Us

Rabu, 11 Desember 2019 | 14:34 WIB

Terduga Teroris Cilincing Beli Bahan di Online

Oleh : Happy CH Karundeng | Selasa, 24 September 2019 | 04:00 WIB
Terduga Teroris Cilincing Beli Bahan di Online
Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan berdasarkan pemeriksaan sementara yang dilakukan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kepada terduga teroris di Cilincing, Jakarta Utara, diketahui pelaku mendapatkan bahan mentah membuat bom dari belanja online.
"Terduga teroris memesan barangnya (bahan peledak) melalui online," katanya di Jakarta, Senin (23/9/2019).
Salah satu bahan mentah yang dibeli pelaku bernama Mohamad Arsad alias Mury itu adalah H2O2 (Hidrogen Peroksida). Bahan mentah ini yang juga disita polisi di kediaman pelaku saat melakukan penggeledahan. Pelaku membeli bahan-bahan tersebut secara sekaligus.
Hal itu agar tak diketahui anggota keluarganya. Anggota keluarga pelaku juga tidak tahu kalau barang-barang yang dipesan pelaku ternyata jika digabungkan bisa membuat bom.
"Jadi barang-barangnya dipesan satu-satu, jadi tidak ada kecurigaan juga. Tidak tahu Keluarga bahwa kalau dikumpulkan itu merupakan barang yang berbahaya dan dapat digunakan untuk membuat bom," ujarnya.
Sebelumnya, tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menciduk terduga teroris di kawasan Jakarta Utara, Senin 23 September 2019 pagi. Penangkapan dilakukan hari ini, di Jalan Belibis V RT 13 RW 04, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Ada bahan peledak saat pelaku diamankan.
"Ya betul (ada penangkapan terduga teroris)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.
Setelahnya Densus melakukan penggeledahan di kediaman pelaku. Dari informasi yang diterima, ada sebanyak 29 item barang bukti yang diamankan. Termasuk, beberapa senjata api baik laras panjang maupun laras pendek serta bahan-bahan untuk membuat bom. [wll]

Komentar

x