Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 14:52 WIB

MUI Dukung Pengesahan RUU Pesantren

Minggu, 22 September 2019 | 03:40 WIB
MUI Dukung Pengesahan RUU Pesantren
Wakil Ketum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren yang dibahas DPR dan pemerintah disahkan menjadi UU. MUI menilai RUU Pesantren akan menjadikan pendidikan di pesantren setara dengan pendidikan di sekolah umum.

"MUI mendukung RUU Pesantren untuk segera disahkan dengan harapan dapat memberikan pengakuan kesetaraan dan keadilan terhadap lembaga pendidikan pesantren sehingga menjadi satu kesatuan dari sebuah Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)," kata Wakil Ketum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi kepada wartawan, Sabtu (21/9/2019).

Menurut Zainut, pesantren selama ini menjadi bagian yang terpisah dari Sisdiknas sehingga tidak diberlakukan adil, mulai dari kurikulum hingga anggaran APBN maupun APBD. Padahal, dia menyebut pesantren memiliki peran yang besar mengusir penjajah di Indonesia.

"Padahal pondok pesantren memiliki peran kesejarahan yang sangat besar dalam merebut dan mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi. Juga dalam mengawal, dan mempertahankan NKRI," ucapnya.

"Sehingga tidak pada tempatnya memperlakukan pesantren menjadi anak tiri di negerinya sendiri," imbuh Zainut. [gam]

Komentar

Embed Widget
x