Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19:42 WIB

Dalam Skala Makro, KPK Tak Bisa Kerja Sendirian

Jumat, 20 September 2019 | 22:13 WIB
Dalam Skala Makro, KPK Tak Bisa Kerja Sendirian
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik hukum Bambang Saputra menilai revisi Undang-Undang KPK yang disetujui Presiden sudah semestinya disambut baik.

Dia menjelaskan alasannya karena eksistensi dilakukan revisi, selain memperkuat KPK sebagai lembaga penegak hukum anti rasuah, juga menciptakan suatu tata kelola kerjasama antar sesama lembaga penegak hukum yang serupa yaitu Kepolisian dan Kejaksaan.

"Lewat sudut pandang ini sangat tidak etis jika KPK meragukan kinerja kakak tertuanya Kepolisian dan Kejaksaan," ujarnya, Jumat (20/9/2019).

Dalam skala mikro kehebatan KPK menangani pemberantasan korupsi memang tidak terbantahkan dan patut dibanggakan. Akan tetapi dalam skala makro yang sejalan dengan haluan cita-cita pembangunan Presiden di berbagai sektor, baik infrastruktur, ekonomi, prikananan kelautan, eksport dan import, belum lagi di sektor pertambangan, perkebunan, migas dan non migas, dll, dalam negera Indonesia yang sangat luas ini, dapat dipastikan KPK tidak akan sanggup bekerja sendirian.

"Sungguh hal yang sangat logis dan realistis adanya Revisi Undang-Undang (RUU) KPK sehingga diatur tata kelola kerjasama yang baik antarsesama lembaga penegak hukum yang serupa untuk mengawasi kekayaan dan keuangan negeri ini agar tidak bocor tak tentu arah secara makro," katanya.

Dia menegaskan RUU KPK itu merupakan kebutuhan makro untuk percepatan pembangunan bangsa. Sampai hari ini perambahan dan kebocoran kekayaan negara tiriliyunan rupiah hampir tidak tersentuh oleh KPK. Untuk mengungkap itu semua, di sinilah sangat diperlukan adanya relasi antarlembaga penegak hukum untuk bekerjasama dalam mengawasi kekayaan ibu pertiwi agar tidak dicaplok oleh para pencuri negeri (pelaku korporatokrasi).

"Harapan saya kepada bapak Presiden Jokowi agar dapat cekatan dalam mengambil sikap dan tidak perlu takut dengan tekanan-tekanan politik dari pihak manapun demi kepentingan bangsa. Maka ambillah langkah bijak yang tidak lain adalah segera melantik Calon Pimpinan KPK yang baru terpilih periode 2019-2023," pungkasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x