Find and Follow Us

Minggu, 15 Desember 2019 | 10:54 WIB

Karhutla

Pemprov Kalteng Tetapkan Status Darurat Bencana

Jumat, 20 September 2019 | 09:00 WIB
Pemprov Kalteng Tetapkan Status Darurat Bencana
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Status tersebut ditetapkan hingga akhir September 2019. Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran selaku Komandan Penanganan Darurat Bencana menginstrukskan sejumlah langkah dalam menangani karhutla.

Diantaranya, meningkatkan patroli gabungan pengendalian karhutla, penambahan personel, penambahan peralatan dan pengaktifan relawan-relawan untuk memadamkan titik api secara langsung, serta mengintensifkan pemadaman melalui udara.

"Juga memenuhi layanan kesehatan kepada masyarakat, dengan penambahan rumah singgah dan rumah aman, perbaikan gizi serta perlindungan kelompok rentan yaitu anak-anak, lanjut usia dan ibu hamil," kata Sugianto, Kamis (20/9/2019).

Kemudian, ia juga meminta seluruh anggota pos komando melakukan pengendalian sumber ancaman bencana beserta dampaknya. Sugianto juga menginstruksikan tim melakukan perlindungan sarana dan prasarana vital.

"Layanan pendidikan juga dipastikan harus tetap berjalan dengan baik. Meskipun sekolah diliburkan, anak-anak sekolah dipastikan untuk tidak ketinggalan dalam pelayanan pendidikan dan kesehatan," tandas Sugianto. [fad]

Komentar

x