Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 14:55 WIB

MK Siap Uji Materi UU KPK yang Baru

Jumat, 20 September 2019 | 04:31 WIB
MK Siap Uji Materi UU KPK yang Baru
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) siap menerima gugatan uji materi atau judicial review Undang-undang KPK yang baru.

"Pokoknya MK bersifat pasif, jadi kalau ada pengujian UU apapun itu tidak ada kata lain harus disidangkan, akan diterima, disidangkan, dan diputus," kata Ketua MK Anwar Usman usai menghadiri pelantikan Direktur Jenderal dan sejumlah ketua pengadilan tinggi di Mahkamah Agung (MA), Jalan Merdeka Utara, Kamis (19/9/2019).

Anwar menambahkan, sebagaimana aturan yang berlaku di MK, pihaknya akan mencermati dalil-dalil pemohon terhadap uji materi UU KPK yang baru tersebut.

"Jadi ketika sebuah UU diuji, tentu ada dasar pengujiannya apa. Pasal berapa dalam UU dasar. Termasuk UU KPK, kita lihat apa yang diuji dari para pemohon," ujarnya.

Sebelumnya, para pegiat antikorupsi, koalisi masyarakat sipil berencana mengajukan gugatan uji materi terhadap revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi ke MK. Mereka menilai ada pelemahan terhadap KPK melalui revisi UU tersebut. [fad]

Komentar

x