Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19:51 WIB

Legitimasi KPK Saat Ini Dinilai Sudah Jatuh

Kamis, 19 September 2019 | 19:49 WIB
Legitimasi KPK Saat Ini Dinilai Sudah Jatuh
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah berbicara mengenai kekosongan jabatan pimpinan KPK yang hanya menyisakan dua orang, yakni Alexander Marwata dan Basaria Panjaitan. Namun, KPK tetap bisa bekerja dan menetapkan seseorang menjadi tersangka seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Menurut Fahri, dengan mundurnya tiga pimpinan KPK, yakni Agus Rahardjo, Saut Situmorang, dan Laode M Syarief, maka legitimasi KPK saat ini sudah jatuh.

"Sebenarnya kita menghadapi kesulitan memahami apa yang terjadi di KPK pasca-pengunduran diri pimpinan KPK dan penyerahan mandat kepada presiden," kata Fahri kepada wartawan, Kamis (19/9).

Oleh sebab itu, menurut Fahri, sebaiknya semua pihak harus mulai berpikir mengenai legitimasi kerja KPK saat ini. Di sisi lain, kata Fahri, sudah ada lima pimpinan KPK yang telah disahkan DPR dan menunggu pelantikan presiden.

"Mulai dipikirkan secara baik apa yang seharusnya menjadi mekanisme dalam keadaan ketika pimpinan baru sudah disahkan oleh DPR, sementara pimpinan lama masih berada di tempat dalam keadaan yang sudah mengundurkan diri," jelas Fahri.

Namun, apabila tiga pimpinan KPK yang sebelumnya menyatakan mengundurkan diri dan kemudian menarik pengunduran dirinya, maka hal itu kata Fahri, ketiga orang itu telah mempermainkan moral sebuah lembaga negara.

"Dalam kajian saya, menyerahkan mandat itu sama dengan mengundurkan diri. Jadi 3 pimpinan KPK sudah tidak layak memimpin. Sudah tidak layak mengambil keputusan penting," pungkasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x