Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 03:43 WIB

Ribuan Warga Ikuti Larung Sesaji di Gunung Kelud

Minggu, 15 September 2019 | 09:25 WIB
Ribuan Warga Ikuti Larung Sesaji di Gunung Kelud
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Kediri - Ribuan warga Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, mengikuti acara larung sesaji Gunung Kelud. Kegiatan larung ini dipusatkan di parkir atas wisata Gunung Kelud, Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar, Sabtu (14/9/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo mengatakan, kegiatan ini bagian dari Festival Kelud tahun 2019, yang menampilkan kearifan lokal masyarakat sekitar lereng Gunung Kelud. Harapannya, atraksi budaya seperti ini semakin menambah nilai lebih pariwisata Gunung Kelud, sehingga tahun ke tahun jumlah kunjungan wisata semakin meningkat.

Sejak pagi para warga dan wisatawan yang hadir telah menunggu event ini dengan antusias. Terbukti parkir kendaraan begitu penuh dan meluber hingga jalan menuju puncak Kelud

Tepat pukul 09.00 WIB larung sesaji mulai diberangkatkan dari parkir atas menuju area di bawah jembatan gladak dan kawah Gunung Kelud. Para wisatawan pun ikut berbaur dengan peserta, mengikuti arak-arakan larung dengan tak lupa mengabadikan dalam jepretan kamera mereka.

Kepala Desa Sugihwaras, Sukemi, mengatakan, kegiatan ini rutin digelar oleh masyarakat di sepuluh desa yang tinggal di sekitar lereng Gunung Kelud, sebagai wujud syukur atas keberkahan, keselamatan, keamanan dan limpahan hasil bumi, serta kesuburan yang diberikan kepada warga di sekitar lereng Gunung Kelud.

Sebagai informasi, gelaran Festival Kelud masih akan berlanjut. Hari ini, terdapat agenda berkelas internasional, yakni Kelud Volcano Road Run yang diikuti peserta dari dalam dan luar negeri. Dimana peserta nantinya akan berlari sejauh 10 kilometer dari gerbang tiket wisata Kelud hingga finish di kawah Kelud. [beritajatim]

Komentar

x