Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 02:43 WIB

Dukungan Revisi UU KPK Terus Mengalir

Rabu, 11 September 2019 | 21:52 WIB
Dukungan Revisi UU KPK Terus Mengalir
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Setidaknya terdapat dua elemen masyarakat yang hari ini (Rabu, 11/9/2019) menggelar aksi unjuk rasa di Taman Pandang depan Istana Negara, Jakarta. Mereka mengatasnamakan diri Jaringan Aktivis Mahasiswa Indonesia (JAM Indonesia) dan Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD).

Kedua elemen ini menyuarakan dukungannya terhadap Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

Koordintor JAM Indonesia Mahmud Tamher mengatakan dukungan atas revisi UU KPK dan dukungan Pansel Capim KPK sama sekali bukan untuk melemahkan KPK, namun malah memperkuat dan mewujudkan lembaga yang independen.

"Justru ini untuk lebih memperkuat KPK menjalankan fungsinya sebagai lembaga negara yang independen," kata Mahmud.

Selain mengibarkan bendera, JAM Indonesia juga membawa sejumlah poster yang berisi empat tuntutan, di antaranya mendukung pemerintah melakukan revisi terhadap UU KPK, mengecam keras provokasi yang disertai narasi kebencian yang dilontarkan oleh elite politik terhadap pemerintah.

Sebelumnya, Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) bersama sejumlah organisasi mahasiswa juga menggelar aksi mendukung Revisi UU KPK di lokasi yang sama.

Ada yang unik dari aksi mereka. Sejumlah peserta aksi mengenakan kostum super hero ala Indonesia, seperti Gundala, Si Buta Dari Gua Hantu, Wiro Sableng, Gatot Kaca, serta tokoh Pandawa Lima lainnya.

Belasan mahasiswi dari sejumlah perguruan tinggi juga terlibat dalam aksi simpatik tersebut. Mereka membagi-bagikan bunga mawar merah kepada para pengguna jalan di sekitar lokasi.

MPD menyatakan sikap antara lain, mendorong Presiden Jokowi untuk segera menyetujui revisi UU KPK, mendukung revisi UU KPK dalam rangka memperkuat langkah lembaga pemberantasan korupsi, serta mendukung keberadaan Dewan Pengawas KPK agar KPK tetap Independen dan bebas dari intervensi politik. [rok]

Komentar

Embed Widget
x