Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 02:42 WIB

Jokowi Kaji Usulan Pemekaran Wilayah Papua

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 10 September 2019 | 19:32 WIB
Jokowi Kaji Usulan Pemekaran Wilayah Papua
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui aspirasi para tokoh Papua yang ingin pemekaran sejumlah wilayah yang ada di Papua dan Papua Barat. Namun, hal itu harus dikaji lagi.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menerima aspirasi perwakilan tokoh Papua yang juga Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (10/9/2019).

"Berkaitan dengan pemekaran, jangan banyak-banyak dulu. Saya iya (setuju), tetapi mungkin sementara tidak lima dulu. Mungkin kalau enggak dua ya tiga," kata Jokowi.

Akan tetapi, Jokowi mengatakan usulan mengenai pemekaran wilayah harus dikaji terlebih dahulu. Karena, kata dia, pemekaran wilayah itu diatur dalam Undang-undang.

"Ini perlu ada kajian karena undang-undang kelihatannya sudah mendukung ke sana dan saya memang ingin ada dari bawah usulan itu," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga berjanji pemerintah akan segera menyelesaikan proyek Palapa Ring Paket Timur tahun ini supaya kualitas konektivitas dan jaringan informasi di Papua menjadi jauh lebih baik.

"Palapa Ring ini akan selesai akhir tahun ini. Tanah Papua nanti 4G semuanya," jelas dia.

Kemudian, Jokowi mendukung aspirasi pembangunan asrama nusantara di setiap daerah studi agar para pelajar dari berbagai penjuru nusantara dapat berbaur dan mengenali satu sama lain.

Selanjutnya, Jokowi mendukung penuh usulan para tokoh Papua untuk membentuk lembaga adat yang diperuntukkan bagi anak dan perempuan Papua.

"Bagus untuk memberikan akselerasi untuk perlindungan anak dan perempuan di Papua. Saya kira silakan, akan saya dukung," tandasnya. [ton]

Komentar

x