Find and Follow Us

Kamis, 24 Oktober 2019 | 05:30 WIB

Istana: Alhamdulillah, Pak Habibie Sudah Membaik

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 9 September 2019 | 13:05 WIB
Istana: Alhamdulillah, Pak Habibie Sudah Membaik
Presiden ke-3 RI BJ Habibie
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama mengatakan kondisi mantan Presiden ke-3 RI BJ Habibie sudah mulai membaik. Kini, Habibie sedang menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto.

"Alhamdulillah, saya mendapat berita dari Kepala Bagian Kesehatan menyampaikan update dari ketua tim dokter kepresidenan, Prof dr Arsil Sani bahwa kondisi beliau (BJ. Habibie) membaik," kata Setya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (9/9/2019).

Menurut dia, ada 44 orang dokter kepresidenan yang dikerahkan untuk menangani kondisi kesehatan Habibie. Kemudian, 34 orang merupakan dokter spesialis atau ahli di bidangnya masing-masing seperti ahli jantung, otak dan lainnya.

Selain itu, Setya mengatakan ada dokter pribadi presiden sejumlah 10 orang. Yakni, 6 orang dokter pribadi melekat kepada presiden dan 4 orang dokter melekat untuk wakil presiden.

"Tim panel ini kapan pun dibutuhkan di kontak oleh katakan ajudan mantan presiden atau mantan wapres, siap sedia. Kemudian akan dikirim tim ahli ke sana," ujarnya.

Ia menjelaskan penanganan kesehatan bagi Habibie selaku presiden ke-3 RI diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administrasi Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pemerintah, kata dia, memberi pelayanan kesehatan bagi presiden, wakil presiden serta keluarga intinya. Kemudian, para pemimpin dan mantan pemimpin bisa dirawat di rumah sakit rujukan utama seperti RSPAD Gatot Subroto, RS TNI AU, RS TNI AL, RS Polri dan RS PMI Bogor.

"Dalam hal ini juga dicover pemerintah seluruhnya, pembiayaan dimana pun beliau dirawat. Pak Habibie dirawat di RSPAD," jelasnya. [adc]

Komentar

Embed Widget
x