Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 10:34 WIB

Revisi UU, Samad Sebut KPK Bisa Mati Suri

Minggu, 8 September 2019 | 03:00 WIB
Revisi UU, Samad Sebut KPK Bisa Mati Suri
Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad - (inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan, jika revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi disahkan, maka KPK tidak akan lagi mempunyai kekuatan dalam memberantas korupsi.

"Kalau itu terus dipaksakan, dilanjutkan dan menghasilkan undang-undang dari hasil perubahan, maka saya khawatir KPK mati suri," kata Samad di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2019).

Jika KPK mati suri lanjutnya, berarti agenda pemberantasan korupsi dengan sendirinya juga tidak akan berjalan dan berhenti. Terlebih lagi menurutnya, banyak poin pelemahan KPK yang terdapat didalam draf revisi UU KPK tersebut.

"Oleh karena itulah kita menganggap tidak relevan revisi ini," ujarnya.

Revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK diajukan oleh Baleg dan sudah disetujui menjadi RUU inisiatif DPR dalam sidang paripurna Kamis (5/9/2019) lalu. RUU ini akan dibahas bersama pemerintah. Pembahasan revisi UU KPK itu ditargetkan rampung pada DPR periode 2014-2019 ini yang akan habis pada 30 September mendatang. [fad]

Komentar

x