Find and Follow Us

Selasa, 17 September 2019 | 10:30 WIB

Demokrat Dukung Langkah Pemerintah untuk Papua

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 26 Agustus 2019 | 06:27 WIB
Demokrat Dukung Langkah Pemerintah untuk Papua
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta jajaran pemerintahan untuk mengambil kebijakan guna menyelesaikan akar masalah di Papua dan Papua Barat.

Awalnya, Andi Arief mengunggah sebuah foto sedang berdiskusi dengan kader Partai Demokrat dari daerah pemilihan Papua. Menurut dia, hasil diskusi tentu mendukung langkah positif Presiden Jokowi untuk Papua.

"Mendukung apapun langkah positif non militer yang akan dilakukan Pak Jokowi untuk Papua yang aman, damai dan sejahtera," kata Andi Arief lewat twitternya yang dikutip Minggu (26/8/2019).

Sementara Sementara Kepala Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan masyarakat Papua dan Papua Barat tentu memiliki penanganan khusus untuk menyelesaikan suatu permasalahan disana.

"Papua butuh sentuhan hati, juga butuh kewenangan khusus mengatur wilayahnya," ujarnya.

Untuk diketahui, Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya melaporkan strategi khusus kepada Presiden Jokowi untuk menangani masalah Papua khususnya mahasiswa Papua yang ada di berbagai daerah.

"Pola asrama kita perhatikan, pola hidup diperhatikan, terus pendidikan juga diperhatikan. Jadi ini kejadian ini tidak terulang lagi ke depan. Itu yang saya laporkan," kata Lenis.

Namun, Lenis tidak bisa membuka strategi khusus untuk menangani masalah Papua ke publik. Karena menurut dia, pemerintah tentu punya strategi dan teknis sendiri. Rencananya, Lenis akan menggelar rapat di kantornya nanti membahas hal ini.

"Teknis dan strategi kan sebagai pemerintah kita ada strategi sendiri. Tidak terlalu dibuka, namun kita akan lihat dalam perjalanannya. Karena dalam waktu dekat kita akan rapat di kantor saya. Beberapa pihak akan kami panggil," jelas dia.

Di samping itu, Lenis akan mengajak Presiden Jokowi kembali menemui masyarakat Papua dan Papua Barat untuk mendengarkan aspirasi mereka terkait pemerintahan periode keduanya 2019-2024.

"Mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama, kita ajak Pak Presiden ke Papua lagi untuk berdialog, berdiskusi dengan masyarakat Papua. Mudah-mudahan minggu depan atau bulan ini," tandasnya.[ris]

Komentar

x