Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 07:12 WIB

Pemerintah Terus Jaga Nilai Luhur Pancasila

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 25 Agustus 2019 | 05:15 WIB
Pemerintah Terus Jaga Nilai Luhur Pancasila
Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar - (Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengatakan tugas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sudah sangat jelas, yaitu badan yang merumuskan arah kebijakan dari ideologi Pancasila. Menurut dia, BPIP juga diisi oleh orang-orang yang tak perlu diragukan integritas, kompetensi dan pemahamannya soal Pancasila.

"Sebagai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan," kata Bahtiar di Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

Selain itu, kata dia, BPIP juga melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada Lembaga Tinggi Negara, Kementerian/Lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik dan komponen masyarakat lainnya.

"Tak hanya itu, BPIP juga memiliki fungsi untuk menahan dan melawan paham-paham yang bertolak belakang atau bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

Oleh karena itu, Bahtiar mengatakan langkah pemerintah untuk menjaga dan terus melakukan pembinaan kepada seluruh warga negara dari nilai-nilai luhur Pancasila tidak perlu lagi diperdebatkan dan mencari-cari kesalahan, jangan juga menafsirkan lain dari ideologi Pancasila seolah-olah merasa paling benar.

Ia menambahkan BPIP dibentuk sesuai Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018. Dengan demikian, BPIP memiliki dasar hukum yang jelas dan sebagai lembaga negara yang terbuka kepada publik. Maka, jika ada tuduhan yang aneh kepada BPIP menandakan kurangnya informasi terhadap BPIP.[ris]

Komentar

x