Find and Follow Us

Senin, 21 Oktober 2019 | 10:33 WIB

Anies: Pencari Suaka di Kalideres Bukan Urusan DKI

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 23 Agustus 2019 | 11:15 WIB
Anies: Pencari Suaka di Kalideres Bukan Urusan DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta para pencari suaka yang berada di sekitar Kalideres, Jakarta Barat, segera meninggalkan wilayah tersebut.

Anies menegaskan, keberadaan para pencari suaka tersebut bukanlah tanggung jawab Pemprov DKI. Ia menegaskan, seluruh pengelolaan para pengungsi itu ada di tangan UNCHR, lembaga PBB yang menangani masalah pengungsi.

Ia menuturkan, jika sebelumnya Pemprov DKI sempat memberikan bantuan untuk mereka, hal itu dikarenakan rasa empati terhadap kondisi mereka.

"Kewenangannya ada di UNHCR. Sifat dari bantuan kami di Jakarta adalah sifatnya kemanusiaan untuk mengisi kebutuhan dasar di saat UNCHR belum menjalankan," ujar Anies, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Dirinya menambahkan, Pemprov DKI tak bisa memberikan bantuan kewearganegaraan bagi para pencari suaka yang berstatus warga negara asing (WNA) ini.

"Keputusan di pemerintah pusat karena mereka ini status WNA. Mereka adalah orang asing yang berada di wilayah hukum Indonesia. Maka, keputusannya bukan di Pemprov, tapi di pemerintah pusat. Kalau pemerintah pusat memutuskan mereka berada di Indonesia, barulah kami tentukan mereka di mananya," pungkasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x