Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 07:12 WIB

Bapak Anak & Kakak Adik Dilantik Jadi Anggota DPRD

Rabu, 21 Agustus 2019 | 12:55 WIB
Bapak Anak & Kakak Adik Dilantik Jadi Anggota DPRD
(Foto: Beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Jombang - Sebanyak 50 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih di Kabupaten Jombang dilantik pada Rabu (21/8/2019). Pelantikan legislator periode 2019-2024 tersebut digelar di gedung wakil rakyat setempat. Sesuai rencana, pelantikan dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Dari 50 anggota dewan tersebut, ada dua orang memiliki hubungan keluarga (bapak-anak) dan dua orang lagi merupakan kakak-adik. Untuk yang memiliki hubungan bapak anak adalah Andik Basuki Rahmat dengan Rahmat Agung Saputra. Keduanya berangkat dari Partai Golkar.

Andik dari dapil Jombang IV (Perak, Bandar Kedungmulyo, Gudo, Ngoro), sedangkan Rahmat Agung dari dapil II (Diwek, Jogoroto, Sumobito). Andik merupakan wajah lama di DPRD Jombang, karena pada periode sebelumnya juga terpilih. Sedangkan sang anak adalah wajah baru.

Angggota DPRD lain yang masih memiliki hubungan keluarga adalah Machwal Huda dan adiknya Machin. Keduanya berangkat dari Partai Gerindra. Machwal Huda dari dapil Jombang III (Mojowarno, Mojoagung, Bareng, Wonosalam), sedangkan Machin berangkat dari dapil IV.

Sekretaris DPRD Jombang, Pinto Windarto menjelaskan, pelantikan anggota DPRD Kabupaten Jombang periode 2019-2024 hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 dilaksanakan pagi ini. Sehari sebelumnya, seluruh anggota dewan yang akan dilantik juga gladi bersih. "Hari ini pelantikan dilakukan di ruang paripurna DPRD Jombang," katanya singkat.

Ketua KPU Jombang Athoillah mengatakan, sebanyak 50 caleg terpilih tersebut sudah memenuhi persyaratan pelantikan. Karena seluruhnya sudah menyerahkan LHKPN (Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara). Namun demikian, soal pelantikan, lanjut Athillah, menjadi wewenang pemerintah daerah.

"Prosesnya KPU yang mengusulkan agar caleg terpilih dilantik. Kemudian diusulkan ke gubernur melalui pemerintah daerah setempat (Bupati Jombang)," ujarnya. [beritajatim]

Komentar

x