Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 07:13 WIB

KLHK Sebut Hotspot Karhutla di Kalimantan Menurun

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 19 Agustus 2019 | 13:50 WIB
KLHK Sebut Hotspot Karhutla di Kalimantan Menurun
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan pemerintah terus melakukan upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan.

Menurut dia, kondisi karhutla di Kalimantan saat ini sudah menurun. Karena, puncak kebakaran hutan dan lahan terjadi pada tanggal 4 hingga 6 Agustus 2019.

"Kalau lihat fluktuasi hotspotnya sebetulnya masih bisa dikontrol oleh satgasnya. Yang paling berat angkanya masih diatas 1.000, kemarin sih sudah turun jadi 900-an," kata Siti di Kompleks Kepresidenan, Senin (19/8/2019).

Siti mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan untuk dilakukan pencegahan, patroli monitoring hotspot, pengendalian pemadaman dan sebagainya.

Menurut dia, sekarang sudah ada helikopter yang diterjunkan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sebanyak 35 atau 45 unit untuk bantu pemadaman. Hasilnya, sekarang hotspot sudah menurun di Kalimantan.

"Di Kalbar tadinya yang paling banyak sampai 500 sekian angkanya hotspotnya, sekarang sudah 300 400. Dari situ kita ikutin terus, saya sudah komunikasi terus dengan gubernur," ujarnya.

Di samping itu, Siti mengakui kebakaran hutan dan lahan tahun ini lebih parah dari tahun sebelumnya. Menurut dia, hal itu karena faktor cuaca.

"Memang lebih panas kan. Dan hari tanpa hujan lebih panjang," jelas dia. [rok]

Komentar

x