Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 07:13 WIB

Kloter Pertama Haji Debarkasi Surabaya Tiba

Minggu, 18 Agustus 2019 | 09:33 WIB
Kloter Pertama Haji Debarkasi Surabaya Tiba
(Foto: beritajatim)
facebook twitter

INILAHCOM, Surabaya - Minggu (18/8) dini hari pukul 03.35 WIB, jamaah haji Debarkasi Surabaya tiba di tanah air.

Jamal, Kepala bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur menjelaskan, Saudia Arabia Airline (SAA) dengan nomer penerbangan SV 5618 yang menerbangkan jamaah haji kloter 1 dari Jeddah mendarat di Bandara Internasional Juanda pukul 03.35 WIB.

"Masih seperti jadwal semula, pesawat kloter pertama landing sekitar pukul 03.35 WIB di bandara Juanda. Jemaah haji tiba di asrama sekitar pukul 05.00 WIB," jelas Jamal, M (18/8/2019).

Kedatangan jamaah haji kloter pertama ini, lanjut Jamal, diterima di Hall Mina Asrama Haji Debarkasi Surabaya pukul 05.00 WIB untuk menjalani beberapa proses.

Diantaranya pengecekan dokumen oleh pihak imigrasi, scanner suhu tubuh jamaah haji oleh tim kesehatan serta penyerahan air zam zam.

"Jamaah haji kita terima dulu di asrama haji untuk proses pengecekan dokumen, scanner suhu tubuh serta kita berikan 5 liter air zam zam pada masing-masing jamaah," paparnya.

"Butuh waktu sekitar 2 jam untuk semua proses ini pada masing-masing kloter," lanjut Kabid PHU yang saat ini juga menjabat sebagai Plt. Kakanwil.

Terkait penjemputan jamaah haji, Jamal menuturkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya memberikan izin penjemputan jamaah haji di Asrama Haji oleh kendaraan massal.

Bagi jamaah non KBIH, penjemputan bisa dilakukan masing-masing, mobil penjemput di tempat parkir yang diluar.

Koper jamaah pun bisa dibawakan oleh jasa angkut. Untuk yang dijemput secara massal, PPIH himbau untuk menggunakan kendaraan massal seperti bus, yang lansung masuk asrama.

Pengaturan penjemputan jamaah ini, terangnya merupakan protap keamanan debarkasi Surabaya agar aman dan tidak terjadi kekacauan.

Hingga pagi ini, Jamal menegaskan PPIH Debarkasi Surabaya telah siap menerima kedatangan jamaah haji.

"Alhamdulillah, kita sudah siap ready seratus persen menerima kedatangan jamaah haji kloter pertama," tegasnya.

Lebih lanjut Jamal menerangkan bahwa terdapat tiga kloter yang akan tiba di tanah air pada hari pertama kedatangan jamaah haji debarkasi Surabaya.

Tiga kloter tersebut yakni kloter 1 dari Kabupaten Magetan, kloter 2 gabungan dari Kabupaten Ngawi, Ponorogo dan Surabaya, serta kloter 3 dari Kabupaten Ponorogo.

"Untuk Minggu ini, kita siap menerima kedatangan 3 kloter. Kloter 1 akan mendarat di bandara juanda pukul 03.35 WIB, kloter 2 mendarat pukul 05.35 WIB dan kloter 3 mendarat pukul 09.05 WIB," tuturnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x