Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 10:43 WIB

Satgas Pamtas Kostrad Gelar Upacara di Perbatasan

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 23:15 WIB
Satgas Pamtas Kostrad Gelar Upacara di Perbatasan
(Foto: ist)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad bersama warga perbatasan melaksanakan upacara pengibaran bendera HUT Kemerdekaan RI secara serentak, Sabtu (17/8/2019).

Upacara digelar di seluruh daerah perbatasan, mulai dari Distrik Sota, Distrik Naukenjerai dan Distrik Elikobel.

Upacara serentak ini dilakukan dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di perbatasan.

"Bekerja sama dengan pemerintah di setiap Distrik, kita selenggarakan upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan Pengucapan Ikrar Kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya di kantor Bupati Merauke.

Dansatgas menambahkan, dalam pelaksanaan upacara yang di gelar di Distrik Sota, Distrik Neukenjerai dan Distrik Elikobel, Kab. Merauke, bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Distrik.

Sedangkan sebagai Komandan Upacara dan Pengawal Pasukan Pengibar Bendera dari anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad.

"Semua pelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung dengan lancar, sangat khidmat dan bendera Merah Putih pun kokoh berkibar di perbatasan," ujarnya.

Mayor Inf Rizky Aditya menuturkan bahwa sebuah tradisi tahunan atas terjalinnya hubungan harmonis antara dua negara di perbatasan RI-PNG.

Hal ini diperlihatkan dengan datangnya ratusan warga Papua Nugini ke Distrik Sota, Kabupaten Merauke untuk ikut serta dalam prosesi upacara memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

"Kedatangan mereka (warga Papua Nugini) atas undangan dari Pemerintah Distrik Sota," ucapnya.

Setelah pelaksanaan upacara selesai, anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad menggelar Ikrar Kesetiaan terhadap NKRI bersama dengan seluruh masyarakat yang hadir saat upacara.

"Tujuannya agar seluruh warga di perbatasan selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.

Komentar

Embed Widget
x