Find and Follow Us

Senin, 23 September 2019 | 07:06 WIB

Pimpin Apel Suci di TMP Kalibata

Jokowi Hormati Jasa Pahlawan Tak Dikenal

Oleh : Ray Muhammad | Sabtu, 17 Agustus 2019 | 03:00 WIB
Jokowi Hormati Jasa Pahlawan Tak Dikenal
Presiden Joko Widodo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Seperti setiap tahunnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Apel yang rutin digelarnya ini tentu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-74. Kegiatan ini berlangsung tepat pukul 00.00 WIB, Sabtu (17/8/2019) dini hari.

Selama apel yang juga dhadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ini berlangsung, akses gerbang utama TMP Kalibata ditutup disertai penjagaan ketat aparat personel TNI dan Polri.

Selaku inspektur apel, Kepala Negara membacakan naskah penghormatan dan renungkan suci. Ia mengatakan, momen hari ini dilakukan dalam rangka mengenang jasa para pahlawan yang telah berpulang.

"Pada upacara ini, kami mengenang jasa arwah para pahlawan nusa dan bangsa yang sudah bersemayam di taman makam pahlawan ini," kata Jokowi.

Adapun penghormatan ditujukan untuk para pahlawan dari unsur TNI dan Polri sebanyak 9081 orag, Badan Perjuangan 859 pahlawan, Tokoh Nasional 43 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan.

"Jumlah total 10.026 pahlawan. Para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, kesucian pengorbanan para pahlawan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," ungkapnya.

Usai mengheningkan cipta, apel ditutup dengan prosesi penghormatan oleh Presiden dan Wapres RI. Pelaksanaan apel berakhir, kedua pemimpin negara pun beranjak dari kawasan Taman Makam Pahlawan.

Komentar

x