Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 00:41 WIB

Sweeping di Trans Papua, TNI Amankan 2 Pucuk Senpi

Oleh : Aris Danu | Senin, 12 Agustus 2019 | 15:14 WIB
Sweeping di Trans Papua, TNI Amankan 2 Pucuk Senpi
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jayapura - Prajurit TNI dari Yonif 411/PDW yang tergabung dalam satgas pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini wilayah selatan Papua mengamankan dua pucuk senjata api jenis air soft gun.

"Dua pucuk senpi ditemukan saat melaksanakan sweeping di depan pos Barki yang berlokasi di jalan Trans Papua, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke," kata Kapendam XVII Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto, di Jayapura, seperti dikutip Antara, Senin (12/8/2019).

Berdasarkan laporan yang diterima, kedua pucuk senpi yang diamankan itu, ditemukan di dalam kendaraan yang dikemudikan FS (51) dan SY (27) yang beralamat Mandopo, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Selain senpi, aparat TNI juga mengamankan 6 butir amunisi kaliber 9 mm dan 6 selongsong kal.4,4 mm di dalam kendaraan yang melintas di poros jalan trans Papua KM 134.

Saat sweeping, pengemudi dan penumpang mobil tersebut tidak dapat menunjukkan dokumen kepemilikan kedua pucuk senjata air soft gun dengan tipe M1911A1 US Army dan pistol revolver smith beserta amunisi aktif kal.9 mm dan 6 selongsong amunisi kal.4,4 mm itu.

"Karena tidak bisa menunjukkan surat-surat maka senpi dan amunisi maka kasus tersebut dilaporkan ke Kolakopsrem 174/ATW di Merauke," kata Letkol Cpl Eko.

Kemudian, pemilik dan barang bukti diserahkan ke Makorem 174 Merauke untuk dimintai keterangan.

Usai pemeriksaan, pemilik senpi, yakni FS dipulangkan sedangkan barang bukti tetap diamankan di Makorem 174 Merauke, kata Letkol Cpl Eko. [rok]

Komentar

x