Find and Follow Us

Selasa, 17 September 2019 | 10:27 WIB

Warga Gunung Kidul Jual Ternak untuk Beli Air

Oleh : Aris Danu | Senin, 12 Agustus 2019 | 14:34 WIB
Warga Gunung Kidul Jual Ternak untuk Beli Air
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Gunung Kidul - Sejumlah warga di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai menjual ternak mereka demi untuk membeli air bersih. Kemarau pajang mengakibatkan wilayah Gunung Kidul krisis air bersih.

Setiap musim kemarau panjang, masyarakat di wilayah Gunung Kidul selalu kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Oleh karenanya, menjual ternak seolah sudah menjadi tradisi warga setempat setiap kemarau datang.

Ketika krisis air seperti sekarang ini, untuk satu tangki air bersih warga harus membayar sebesar Rp120 ribu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunung Kidul Bambang Wisnu Broto mengatakan, hewan ternak merupakan tabungan bagi warga setempat. Mereka biasa menjual ternak untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

"Hewan ternak itu tabungan bagi masyarakat. Mereka persiapan untuk tabungan biaya sekolah hingga membeli air saat kekeringan," katanya.

Diakui Bambang, fenomena menjual hewan ternak saat kemarau biasa terjadi. Setelah dijual dan mencukupi kebutuhan, biasanya kembali membeli hewan yang berukuran kecil.

"Diganti yang kecil, kemudian dibesarkan lagi. Itu luar biasa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul Edy Basuki menuturkan, hingga saat ini setidaknya sudah ada 14 kecamatan dari 18 kecamatan di Gunung Kidul yang melaporkan warganya mengalami kekurangan air bersih.

BPBD setempat juga sudah memberikan bantuan dropping air bersih bersama aparat terkait, swasta, maupun masing-masing kecamatan yang mempunyai anggaran dan tangki. Kecamatan yang terkena dampak krisis air dan sudah didroping air bersih di Girisubo, Rongkop, Tepus, Paliyan, Panggang, Purwosari. Kemudian Ngawen dan Nglipar.

"Kecamatan tersebut sudah langganan kekeringan setiap musim kemarau," pungkasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x