Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 00:33 WIB

TNI Perlu Terlibat Jaga Infrastruktur Kelistrikan

Jumat, 9 Agustus 2019 | 20:05 WIB
TNI Perlu Terlibat Jaga Infrastruktur Kelistrikan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi I DPR, Saifullah Tamliha mendukung penuh pelibatan TNI dalam mengamankan objek vital nasional seperti infrastruktur kelistrikan untuk menghindari adanya sabotase pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Kerja sama TNI untuk mengamankan aset-aset vital milik negara termasuk infrastruktur kelistrikan sudah lama dilakukan, yakni sejak dipimpin Pak Moeldoko," kata Tamliha di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Menurut dia, pertahanan negara jangan diartikan secara sempit seperti perang tapi dimaknai secara luas yang menyangkut kepentingan rakyat. Sebab, pertahanan negara bisa diartikan sebagai pangan, energi listrik dan hal-hal vital yang harus dilindungi.

"Kalau TNI saat ini melakukan kerja sama pengamanan infrastruktur kelistrikan, itu sangat bagus dan positif," ujarnya.

Karena, dalam Pasal 7 Ayat (2) Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI disebutkan salah satu tugas pokok TNI adalah mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis.

Sementara Anggota Komisi VI DPR, Nasim Khan mengatakan PLN secara internal perlu melalukan perbaikan sistem manajemen agar berkualitas dan secara eksternal harus meningkatkan sistem keamanan kelistrikan supaya peristiwa blackout tidak terulang.

"PLN harus melakukan langkah maju dalam upaya pengamanan infrastruktur kelistrikan, salah satunya menggandeng TNI-Polri," katanya.

Menurut dia, TNI diamanahkan untuk menjaga aset bangsa dan negara khususnya objek vital nasional. Karena, peran TNI bukan hanya ketika perang saja sehingga wajar diikutsertakan dalam pengamanan infrastruktur kelistrikan.

"TNI-Polri adalah backup pengamanan kita, sebagai ujung tombak," tandasnya. [adc]

Komentar

x