Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 00:41 WIB

KPK Sita Mobil Mercy dari OTT Nyoman Dhamantra

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 9 Agustus 2019 | 10:39 WIB
KPK Sita Mobil Mercy dari OTT Nyoman Dhamantra
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Selain menyita uang dolar serta cek miliaran, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan satu unit mobil Mercedez Benz B 211 JES milik Mirawati Basri selaku orang kepercayaan I Nyoman Dhamantra.

"Salah satu pihak yang kami bawa ke kantor KPK yaitu saudari MBS (Mirawati Basri) maka tentu kendaraan itu dibawa sebagai bagian dari barang bukti," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan lewat pesan singkat, Jumat (9/8/2019).

Febri belum tahu persis alasan penyitaan mobil dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang melibatkan anggota dewan terhormat tersebut.

"Belum bisa dipastikan kalau mobil ini terkait fee atau tidak, tapi ada barang bukti yang ditemukan di lokasi yang disita dalam perkara ini" jelas Febri.

KPK menetapkan I Nyoman Dhmantra selaku anggota DPR Komisi VI dari Fraksi PDI Perjuangan yang diduga menerima suap terkait perizinan impor bawang putih. Politikus moncong putih itu diduga telah menerima suap sebesar Rp 2 miliar dari Chandry Suanda alias Afung yang merupakan pemilik PT Cahaya Sakti Agro (PT CSA).

Uang tersebut diserahkan melalui Dody yang bekerjasama untuk mengurus izin impor bawang putih untuk tahun 2019. Uang suap tersebut belum sepenuhnya terpenuhi dari komitmen fee awal sebesar Rp 3,6 miliar dan komitmen fee besarannya dari Rp1.700 -Rp. 1.800 dari setiap kilogram bawang putih yang diimpor.

Kesepakatan fee tersebut setelah Zulfikar, Maria, Elviyanto, dan I Nyoman melakukan pertemuan untuk membahas izin impor bawang putih. Komitmen fee tersebut akan digunakan untuk mengurus perizinan kuota impor 20.000 ton bawang putih untuk beberapa perusahaan termasuk perusahaan yang dimiliki oleh Chandry alias Afung. [rok]

Komentar

x