Find and Follow Us

Selasa, 15 Oktober 2019 | 12:06 WIB

BMKG Ingatkan Ancaman Gempa Megathrust

Minggu, 4 Agustus 2019 | 05:00 WIB
BMKG Ingatkan Ancaman Gempa Megathrust
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi ancaman gempa Sunda megathrust yang mengintai Indonesia.

"Ancaman Sunda megathrust adalah sebuah ancaman riil bahwa itu sebuah ancaman nyata di sepanjang pantai barat Sumatera," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Rahmat Triyono di kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (3/8/2019).

Rahmat menerangkan, gempa megathrust diprediksi berjarak 200-250 km di laut lepas. Tidak hanya di Selat Sunda, gempa itu juga diprediksi dapat merambat ke Laut Jawa, Bali, hingga sisi utara Papua.

"Dari pantai Sumatera mungkin jaraknya sekitar 200-250 km di laut lepas. Kemudian di Laut Jawa jaraknya juga sekitar sama dan menerus sampai ke Bali sampe ke arah timur, kemudian ada di sisi utara Papua, dan itu ada juga dari sumber tumbukan pasifik ya, yang tadi saya sebutkan di awal lempeng Eurasia dan Indo-Australia," tuturnya.

Rahmat mengatakan gempa megathrust bisa saja menimbulkan potensi tsunami. Sampai saat ini gempa megathrust itu belum bisa diprediksi. Bahkaan belum ada teknologi apapun didunia yang dapat memprediksi kapan gempa akan terjadi. [fad]

Komentar

x