Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 07:02 WIB

Ancaman Gempa Megathrust

BNPB Ditunjuk Bangun Hutan Pantai Cegah Tsunami

Minggu, 4 Agustus 2019 | 07:00 WIB
BNPB Ditunjuk Bangun Hutan Pantai Cegah Tsunami
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah mengupayakan beberapa langkah antisipasi ancaman gempa megathrust, dengan membangun hutan pantai.

"BNPB ditunjuk Presiden untuk membangun hutan pantai. Untuk melindungi struktur bangunan atau bangunan penting, seperti New Yogyakarta International Airport (NYIA). Bekerja sama dengan seluruh pihak untuk membangun hutan pantai. Jadi bila ada tsunami, itu perlindungan awal. Kalau tanggul biayanya mahal, jadi usaha murah, dengan hutan pantai tadi. Itu salah satu cara membangun benteng pertama," kata Plh Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo, di Jakarta, Sabtu (3/8/2019).

Agus menamabahkan, hutan pantai tersebut mulai ditanam pada Maret. Beberapa daerah yang sudah dibangun hutan pantai seperti di Padang, Sumatera Barat.

"Tahun ini sudah mulai ditanam, sekira Maret dimulai. Waktu lama ya, kan butuh waktu lama buat tinggi. Padang, dekat dengan bandara internasional Minangkabau. Itu di tempat lain ditanam juga yang murah dan jangka panjang," ujar Agus.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan soal ancaman Sunda Megathrust. BMKG menyebut megathrust adalah ancaman yang nyata. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Rahmat Triyono menyebut, gempa megathrust diprediksi berjarak 200-250 km di laut lepas. [fad]

Komentar

x