Find and Follow Us

Selasa, 20 Agustus 2019 | 00:41 WIB

BNPB: Gempa Selatan Jawa Bukan Hoax

Sabtu, 3 Agustus 2019 | 12:42 WIB
BNPB: Gempa Selatan Jawa Bukan Hoax
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan potensi gempa di bagian selatan Jawa bukanlah hoax.

"Bahwa potensi gempa di bagian selatan bukan hoax, para peneliti, pakar yang pernah menyampaikan potensi ini dua minggu lalu dan sempat ada kekhawatiran, ini yang kita hadapi sekarang, gempa bisa terjadi kapan saja," kata Doni di Pandeglang, Banten, Sabtu (3/8/2019).

Namun, BNPB tidak bisa memprediksi waktu terjadinya gempa. Oleh sebab itu, masyarakat khususnya di pesisir selatan juga minim akan simulasi keselamatan saat gempa. Jenis latihan ini perlu dilakukan bukan hanya untuk pasukan atau aparat tapi juga warga biasa.

"Kita lakukan berbagai langkah agar masyarakat di selatan Pulau Jawa bisa selalu siap. Kenapa harus, karena faktanya terdampak langsung keluarga, masyarakat," ujarnnya.

Pemerintah sedang berusaha agar daerah-daerah rawan gempa di selatan dipasang alat deteksi dini tsunami akibat gempa.

"Peringatan ini kita butuhkan, hanya tidak semua daerah terjangkau televisi, tidak semua memiliki handpone. Sangat diharapkan media menyampaikan hal-hal kesiapsiagaan masyarakat, mitigasi. Bagaimana cara masyarakat menghindari bencana," pungkasnya.

Komentar

x