Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 10:54 WIB

Demokrat Sebut Oposisi Pemerintah Tugas Rakyat

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 28 Juli 2019 | 10:29 WIB
Demokrat Sebut Oposisi Pemerintah Tugas Rakyat
Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief mengingatkan posisi oposisi pemerintah bukanlah porsi untuk partai politik di tanah air.

Pasalnya, menurut dia, tidak ada oposisi yang berhasil dalam sejarah perpolitikan Indonesia. Arief menyebut, oposisi merupakan tugasnya rakyat yang berperan untuk mengkritisi pemerintah.

Hal ini disampaikan olehnya, menyikapi ramainya isu pilihan oposisi atau koalisi yang bakal diambil oleh sejumlah partai politik yang menjad peserta Pemilu 2019.

"Tidak ada oposisi yang berhasil di sejarah politik kita, kecuali oposisi rakyat, gerakan mahasiswa melawan Soeharto. Gerakan oposisi hanya bisa dijalankan rakyat dan mahasiswa," katanya, Jakarta, Minggu (28/7/2019).

Ia pun mencontohkan posisi PDIP saat pemerintahan Presiden Ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono dinilai tak berhasil menjadi oposisi pada saat itu.

"PDIP lima tahun pertama jadi oposisi gagal, lima tahun kedua di 2014 berhasil karena melawan oposisi juga Gerindra. Partai yang berkuasa saat itu tidak menemukan figur tepat," tandasnya.

Komentar

x