Find and Follow Us

Jumat, 23 Agustus 2019 | 02:30 WIB

Dua Stasiun di Banyuwangi Akan Ganti nama

Rabu, 24 Juli 2019 | 02:11 WIB
Dua Stasiun di Banyuwangi Akan Ganti nama
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Banyuwangi - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyetujui pengajuan pergantian nama dua stasiun di Banyuwangi. Sebelumnya, Pemerintah Daerah Banyuwangi mengajukan pergantian nama stasiun itu pada Maret 2019 lalu.

Pertama, Stasiun Karangasem di Kecamatan Glagah itu rencananya akan berganti nama menjadi Stasiun Banyuwangi Kota. Pergantian ini tidak lain lantaran letak geografis stasiun yang lebih dekat dengan wilayah kota.

"Pada bulan Maret lalu, Pemkab Banyuwangi mengajukan pergantian nama Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota kepada Daop 9 Jember. Stelah dilakukan rapat internal, akhirnya Direksi menyetujui perubahan nama tersebut," kata Manajer Humas PT. KAI Daop 9 Jember, Luqman Arief, Selasa (23/7/2019).

Alasannya, kata Luqman, salah satunya untuk mempermudah wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Pasalnya, selama ini banyak warga luar Bumi Blambangan yang bingung saat menuju ke kota di ujung timur Pulau Jawa ini.

"Banyak warga yang bingung saat akan ke Banyuwangi. Padahal tujuannya di kota, tapi akhirnya banyak yang turun di Stasiun Banyuwangi Baru di Ketapang," ungkapnya.

Kedua adalah Stasiun Banyuwangi Baru juga akan berganti nama menjadi Stasiun Ketapang. Pergantian nama kedua stasiun ini akan diresmikan pada Desember 2019 mendatang.

"Ini sekaligus dengan perubahan grafik perjalanan baru, mengingat kedua stasiun tersebut sudah berganti nama," terangnya. [beritajatim]

Komentar

x